Sunday, August 7, 2011

mudik oh mudik...balada anak perantauan

Belum juga genap 1bulan di pulau sebrang,udah heboh dan bingung sendiri mau mudik lebaran. Yuhuuuu,it's gonna be my first experience to have 'mudik'. Secara smua kluarga ngumpulnya di jogja,jadi sebelum2nya aku gk pernah kesulitan dan sama skali gak pernah mikirin mudik. Skarang,baru deh ngrasain jadi pemudik. Jujur,ini antara setengah hati mau mudik ato gak. Orangtua dah gak ada smua, it's gonna be my 3rd lebaran without my parents. Kakak2 udah pda berkeluarga smua,and they choose to celebrate ramadhan with their parents in law and me...ALONE. Masih keinget lebaran pertamaku sbagai yatim piatu,kakak2 sholat id sama 'kluarga' baru mereka. Tinggalah aku sndrian,pulang sholat id ke makam mama+bapak, abis itu sungkeman sama pakdhe,trus pulang kerumah. Sayang,dirumah gak ada siapa2, only me, myself, so pathetic and painful. That was the hardest lebaran for me. Agak siangan kakak perempuanku dateng dari klaten bagian udik sama suaminya (suaminya org klaten udik bener deh,sinyal hp aja kagak ada). She rang the door bell,so many times,knocked the door,called my name, call. Me thrugh my cellphone but none of them I answered. Mungkin itu caraku 'protes' ke kakakku karna aku ngrasa 'ditelantarkan'. Baru setelah 3 jam aku bukain pintu buat kakakku, itupun karna si om yang ngetok dan 'bernegosiasi' denganku. My uncle really understand me, he knows exactly how to treat me and what I want since I became an orphan (I love u om,hehehe). Om dan tante adalah alasanku untuk mudik skarang,karna merekalah pengganti orangtuaku sjak ortu ku meninggal. Aku sangat merindukan mereka,kehangatan mereka, pengertian mereka dan juga kasih sayang mereka. Merekalah 'rumahku' sekarang.
karna alasan itulah aku memutuskan untuk mudik ke jawa meskii belum ada 2 bulan aku di perantauan.dan, perjuangan untuk mudik dimulai sejak pertengahan juli. Pertama hunting tiket pesawat,dapet harga 1jt lbih dkit. Kayaknya gak sanggup beli deh karna kala itu denger gosip klo gaji baru akan dibayarkan pada bulan agustus (gosh,untungnya cm gosip doang). Plan B,pulang naek bis dri lampung trus sambung kreta and wholaaaa, aku kehabisan tiket kreta. Dan jadilah pada plan trakhir,pulang naek bis sama Alfian,tmen ngajar yg juga dri jogja. Karna dia yang ngajak naek bis,jadilah kupasrahkan smua padanya,aku trima beres aja hahaha.
He came up with so many 'mudik' plans. Mule numpang sama karyawan bakery sekolah,sewa mobil,nebeng guru yang mudik ke jogja, sampe pada rencana 'ngeteng'. Ini niy yang bikin aku gemes sama Alfian. Tiaaaaap hari rencananya berubah terus, bikin kesel aja (hahahaha,gpp ya Fian). Aku tipe orang yang well planned, sgala sesuatunya harus disiapkan dengan baik dan matang,apalagi ini akan menjadi pengalaman mudikku yang pertama and Fian will be my partner during this mudik season. Berhubung dah gemes dengan rencana Fian yang berubah terus tiap hari, jadilah aku pasrah aja sama dia. Wis males mau mikirnya. Aku kebagian buat mikir balik ke lampungnya. Gak akan susah lah buat aku,karna udah ada travel agent langganan hahaha. Dan, sampai detik ini aku masih belom tau jadinya mau mudik dengan cara seperti apa besok mengingat dari diskusi terakhir dengan Fian tadi sore,yang ada adalah 'eyel2an' hehehe. Dia mau nya kita 'ngeteng' aja,sambung2 dr site sewa mobil sampe bakau,sampung nyebrang,trus ganti bis di merak. Hadooooh,kayaknya bakal repot banget deh. Blom lagi mikirin bawaan yang harus dibawa naek trun kapal sgala.
Tapi ya udahlah,berhubung udah males mikirnya,jadi biar Alfian ajah yang mikir, but anyway thanks to Mas Angga yang udah mau mikirin tiket kami juga, you are so kind mas hihhihi. So,now saatnya berdoa ajah smoga Alfian bs mendapat rencana yang lebiiiiih baik lagi untuk kami dan gak merepotkan perjalanan mudik kami nanti hahahaha